04 November 2021

Peppermint: Tinggi Antioksidan dan Menenangkan

Peppermint berasal dari tanaman mint yang memiliki wangi segar, dingin, dan manis. Daun mint ini memiliki banyak manfaat, seperti meredakan stress, menjadi obat herbal, bahan makanan dan lain-lain.

Peppermint mint twigs closeup by ivankmit

Gambar oleh ivankmit dari envato

 

"This peppermint winter is so sugar sweet. I don't need to taste to believe. What's December without Christmas Eve."

- Owl City -

 

Peppermint memiliki nama Latin, Mentha Piperita, dengan ciri khas daun berwarna hijau tua. Tanaman ini termasuk obat herbal yang berasal dari Eropa dan Timur Tengah yang sekarang telah dibudidayakan secara global.

Dahulu, tanaman mint digunakan sebagai bumbu penyedap pada makanan, membuat minuman anggur, dan menyegarkan udara di rumah, serta menjadi aksesoris flower crown (mahkota bunga) di kepala untuk menenangkan pikiran dan meredakan sakit kepala.

Sekarang, peppermint telah dijual secara komersial, mulai dari negara Eropa, Afrika, Asia, Australia, dan Amerika. Produsen peppermint terbesar berasal dari Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Jepang, China, dan India.

Tanaman mint termasuk tanaman yang bersifat invasif, yakni cenderung hidup merambat ke tanaman lain dan berkembang di luar habitatnya. Cara pencegahannya adalah dengan menanam mint pada wadah kayu atau memindahkannya ke lokasi baru setiap 3-4 tahun sekali.

 

Selebihnya Tentang Peppermint

Selain meredakan flu, daun mint juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, mengurangi rasa mual, sakit tenggorokan, dan sakit perut karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan digunakan sekitar 19%-nya untuk anti-inflamasi.

Tanaman mint dapat bertahan hidup pada berbagai cuaca dan suhu, misalnya pada cuaca dingin dengan suhu -40°C atau pada suhu yang lebih tinggi. Daun mint dapat hidup 4-5 tahun dan ketinggiannya mencapai 30-90 cm.

Ada beberapa jenis-jenis peppermint yang paling umum, seperti: peppermint hitam (Black Mitcham) yang memiliki daun warna ungu; Candy Peppermint dengan batang merah tua; Bergamot Mint dengan aroma jeruk untuk parfum; Lime atau jeruk nipis beraroma jeruk segar untuk makanan; dan banyak lainnya.

 

Penggunaan dan Anjuran

Dalam industri makanan, peppermint digunakan sebagai rempah-rempah makanan karena rasanya yang manis dan gurih. Umumnya digunakan sebagai perasa untuk permen karet, saus berbumbu, makanan yang dibakar, jelly, dan lainnya. Pada produk minuman, tanaman mint digunakan pada teh, koktail, dan mojito. Selain itu, peppermint juga digunakan pada pasta gigi dan sampo.

Peppermint juga populer digunakan sebagai bahan essential oil karena memiliki sensasi segar, wangi, dan dingin yang cocok untuk menambah suasana ceria dan menenangkan tubuh. Di China, peppermint masih digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan stres.***

---

Ingin terhubung langsung dengan supplier Peppermint bertaraf internasional? Gunakan fitur marketplace Solubis untuk mendapatkan kemudahan aksesnya dan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda melalui e-consulting dengan ahli profesional kami.

Manfaatkan kesempatan ini untuk memulai dan mengembangkan bisnis impian Anda.

---

Referensi:

Britannica, The Editors of Encyclopaedia. (2021). Peppermint. (Online). Link: https://www.britannica.com/plant/peppermint (Diakses: 27 Oktober 2021)

Lofgren, K. (2020). HOW TO GROW AND CARE FOR PEPPERMINT PLANTS. (Online). Link: https://gardenerspath.com/plants/herbs/grow-peppermint/#What-Is-Peppermint (Diakses: 27 Oktober 2021)

Rhoades, J. (2021). Peppermint Planting: Growing Peppermint And How To Use Peppermint Plant. (Online). Link: https://www.gardeningknowhow.com/edible/herbs/mint/growing-peppermint-plant.htm (Diakses: 27 Oktober 2021)

Saje Natural Business. (2021). THE BENEFITS, USES, AND HISTORY OF THE PEPPERMINT PLANT & PEPPERMINT OIL. (Online). Link: https://www.saje.com/ingredient-garden-peppermint.html (Diakses: 27 Oktober 2021)

Sandborn, D. (2018). Peppermint and the science behind it. (Online). Link: https://www.canr.msu.edu/news/peppermint-and-the-science-behind-it (Diakses: 27 Oktober 2021)

Wikifarmer Editorial Team. (2017). Peppermint Plant Information. (Online). Link: https://wikifarmer.com/peppermint-plant-information/ (Diakses: 27 Oktober 2021)